Jokowi Instruksikan Luhut dan Budi Gunadi Dukung Bioteknologi

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung industri bioteknologi. Jokowi ingin bidang industri tersebut berkembang di Indonesia.
 
“Saya minta Menko bidang Kemaritiman dan Investasi dan Pak Menteri Kesehatan, agar industri PT seperti Etana ini betul-betul didukung sehingga bukan hanya di bioteknologi, biofarmasi,” ujar Jokowi di Pulo Gadung, Jakarta, Jumat, 7 Oktober 2022.
 
Hal itu dikatakan Jokowi saat meresmikan pabrik biofarmasi PT Etana Biotecnologi Indonesia. Menurut Kepala Negara, pabrik produsen vaksin dengan platform mNRA pertama di Asia Tenggara itu mesti didukung. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden menyebut dukungan itu sebagai bentuk mempersiapkan Indonesia menghadapi kondisi kesehatan dunia. Jika pandemi muncul kembali, Jokowi ingin seluruh komponen kesehatan siap.
 

“Kita tak mau lagi ada pandemi tetapi kalau di dalam negeri siap industrinya, paling tidak, kita jadi lebih tenang,” ucap Presiden.
 
Vaksin mNRA yang dikembangkan PT Etana akan masuk tahap uji klinis dalam waktu dekat. Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan tren pengembangan obat telah bergeser dari berbahan dasar kimiawi menjadi biologi.
 
Indonesia, kata dia, berusaha menjadi hub bagi kawasan dalam industri bioteknologi. Apabila Indonesia sukses memproduksi vaksin mNRA, kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi bahkan Indonesia dapat mengekspor vaksin ke negara lain.
 
“Indonesia memiliki keanekaragaman hayati genomic yang luar biasa. Ini dicari seluruh dunia menjadi sumber genetik yang akan menentukan obatnya apa dan treatment-nya apa,” jelas Menkes.

 

(ADN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *