Menkes Optimistis Indonesia Jadi Raksasa Bioteknologi Dunia

Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin optimistis Indonesia menjadi pemain besar dalam sektor kesehatan global. Apalagi, Indonesia sudah membuktikan kemandirian produksi obat dan vaksin dalam negeri.
 
“Mudah-mudahan ke depannya Indonesia memimpin bioteknologi ini dan kita akan menjadi negara maju,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Oktober 2022.
 
Budi mengatakan Indonesia sukses memproduksi vaksin dengan teknologi berbasis messenger RNA (mRNA), yakni AWcorna. Produk itu merupakan hasil pengembangan pabrik biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tren dunia dalam 10 tahun terakhir menunjukkan bahwa obat-obatan yang terjual di pasaran berbasis biologi,” ujar mantan Wakil Menteri BUMN itu.
 
Budi menuturkan data tersebut mendorong Kemenkes mengembangkan obat-obatan. Pengembangan obat tidak hanya berbasis kimia, melainkan juga biologi.
 
“Apalagi mengingat indonesia yang dikaruniai biodiversitas dan keanekaragaman hayati genomik yang luar biasa,” papar dia.
 

Budi bersyukur Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik biofarmasi PT Etana Biotechnologies Indonesia pada Jumat, 7 Oktober 2022. Peresmian itu mendorong salah satu transformasi kesehatan, yakni bioteknologi.
 
“Dukungan dalam memproduksi obat biologis ini merupakan salah satu upaya Kemenkes dalam mewujudkan transformasi kesehatan,” ucap dia.
 

(AZF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *