NasDem Usung Anies Sebagai Capres 2024, Ini Respons Puan dan Airlangga

Jakarta: Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani tidak mempermasalahkan dengan langkah Partai NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Dia menegaskan setiap partai politik memiliki mekanisme yang berbeda dalam mengusung capres. 
 
“Jadi ini salah satu proses demokrasi monggo-monggo saja,” ujar Puan saat bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Oktober 2022.
 
Menurut Puan, setiap partai memiliki momentumnya masing-masing dalam memilih atau mengumumkan capres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal senada diungkapkan Airlangga. Dia menilai pengusungan Anies sebagai capres bagian dari demokrasi. Namun, dalam mengusung capres, setiap partai politik harus memenuhi syarat presidential threshold, yakni 20 persen suara nasional. 
 
“Ditegaskan baik Golkar dan PDIP, dua-duanya sudah memenuhi persyaratan (presidential threshold),” jelas dia.
 

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Sosok yang dipilih, yaitu Anies Baswedan.
 
“NasDem memilih sosok Anies Baswedan” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022. 
 
Surya Paloh menyampaikan proses pemilihan Anies cukup panjang. Dia mendapat banyak masukan dari berbagai pihak sebelum memutuskan Anies sebagai capres dari NasDem.
 

(AZF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *