Rebut Pole Position di Jepang, Verstappen Berpotensi Pertahankan Gelar Juara Dunia F1

Jakarta: Max Verstappen berhasil menjadi merebut pole position F1GP Jepang setelah menjadi yang tercepat pada fase kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 29.304 detik. Dengan begitu, peluang Verstappen untuk menyegel gelar juara dunia F1 2022 di Jepang terbuka lebar.
 
Dalam sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Sabtu 8 Oktober, Verstappen mengasapi pembalap Ferrari Charles Leclerc yang juga rival terdekatnya dalam perebutan gelar dengan selisih waktu 0,010 detik. Sedangkan untuk posisi start ketiga direbut oleh Carlos Sainz yang juga membela Ferrari.
 
Akan tetapi, demi memastikan pole position, Verstappen sempat menunggu steward selesai menginvestigasi insiden yang melibatkan dirinya dengan Lando Norris di lintasan. Putusannya adalah Verstappen mendapat teguran, tapi masih berhak start dari posisi terdepan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Verstappen yang berasal dari Belanda berpeluang mengunci gelar juara dunia dua tahun secara beruntun apabila menang di Suzuka dengan satu poin tambahan dari lap tercepat, tidak peduli di posisi mana rival-rivalnya finis. Verstappen bisa juga mempertahankan gelar apabila ia menang dan Leclerc finis ketiga atau lebih rendah.
 
“Saya tidak terlalu memikirkannya, hanya berusaha sebaik mungkin setiap harinya,” kata Verstappen tentang peluangnya menjadi juara dunia tahun ini setelah memenangi 11 dari 17 balapan musim 2022.
 
“Saya rasa apa yang lebih penting adalah bahwa kami memiliki mobil yang kompetitif dan itu jelas terlihat dari apa yang kami dapatkan hari ini di kualifikasi. Semoga besok akan sama di balapan karena kami membutuhkan balapan yang sempurna agar bisa menang besok,” tambahnya seperti dilansir Antara dari AFP.
 
Verstappen sejatinya nyaris bertabrakan saat sesi kualifikasi karena dia tiba-tiba belok ke kiri mendekati Norris yang akhirnya terpaksa menghindar hingga melaju di rumput. Merespons itu, Verstappen agak menyalahkan Norris.
 
“Saya rasa tidak akan ada yang mencoba menyalip di chicane terakhir itu. Jadi pada dasarnya, dengan mencoba melewati saya, maka Anda membuat masalah,” kata Verstappen.
 
Badan mobil Verstappen mengalami kerusakan di lap terakhir setelah dia melebar di suatu tikungan dan melindas kerb. Sementara itu, Leclerc nyaris mengklaim pole ketiganya secara beruntun.
 
“Salah satu yang sulit, tapi secara umum mobil ini terasa baik,” kata sang pembalap Monako yang tertinggal 104 poin dari Verstappen di klasemen sementara.
 
“Sektor pertama luar biasa. Begitu banyak grip di sana dan di Q3 saat lap terakhir terasa spesial. Ini kualifikasi yang menyenangkan,” tambahnya.
 
Sainz yang finis di belakang rekan satu timnya dengan catatan waktu 1 menit 29.361 detik mengaku kesal melewatkan pole kali ini. “Saya punya lap yang baik, bersih sepanjang jalan menuju chicane terakhir tapi melaju terlalu kencang di chicane terakhir itu sehingga saya kehilangan sedikit waktu,” kata Sainz.
 
Sergio Perez menempatkan mobil Red Bull kedua di P4. Esteban Ocon mengamankan P5 untuk Alpine, diikuti Lewis Hamilton (Mercedes), Fernando Alonso (Alpine), George Russell (Mercedes), Sebastian Vettel (Aston Martin) dan Lando Norris.
 
Pembalap tim AlphaTauri Pierre Gasly gagal lolos Q1 karena mengalami masalah rem dan sangat marah dengan tren negatif tersebut. Terlebih pada hari ini, dia dikabarkan bakal menggantikan Fernando Alonso di tim Alpine pada musim depan.
 
“Saya rasa kami seharusnya bisa menangani situasi ini dengan lebih baik,” kata Gasly. (ANT)
 
Berikut hasil lengkap Kualifikasi F1GP Jepang:
Rebut Pole Position di Jepang, Verstappen Berpotensi Pertahankan Gelar Juara Dunia F1
Rebut Pole Position di Jepang, Verstappen Berpotensi Pertahankan Gelar Juara Dunia F1

 

(KAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *