Abdi Dalem Keraton Bikin Konten a Day in My Life, Ternyata Begini Kesehariannya

Suara.com – Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu hal yang cukup menarik perhatian adalah keberadaan abdi dalem yang ada di lingkungan Keraton.

Seorang pria yang berprofesi sebagai abdi dalem pun membagikan kesehariannya saat bekerja. Hal ini ia bagikan melalui akun TikTok @/satyabilal.

Di pagi hari, pria ini sudah datang ke Keraton dengan melewati Alun-Alun Kidul. Ia masuk tanpa alas kaki melewati Gerbang Keraton Kilen, tempat tinggal raja bersama keluarga.

Pria ini mengenakan surjan berwarna biru lengkap dengan kain jarik dan blangkon. Pakaian tersebut sudah menjadi seragam kerja saat tengah bertugas sebagai abdi dalem.

Baca Juga:
Mengenal Lebih Dekat, 10 Motif Batik Beken di Indonesia

Setiap bertugas, para abdi dalem diwajibkan mengenakan masker dan menjaga protokol kesehatan. Pria ini kemudian berjalan menuju Bangsal Sri Manganti dan tak lupa menyapa ibu-ibu abdi dalem yang berpapasan dengannya.

Bangsal Sri Manganti merupakan lokasi utama terselenggaranya upacara grebeg dan pembagian uba rampe kepada abdi dalem. Saat itu, pembagian uba rampe dilakukan oleh KPH Purbodiningrat dan KPH Yudonegoro.

Uba rampe grebeg Keraton Jogja memiliki warna-warni yang beragam. Sajian ini terbuat dari ketan sebagai makna perekat antara keraton dan juga masyarakatnya.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan terkait.

“Alhamdulillah, sejak ada TikTok jadi lebih tahu tentang banyak hal,” komentar seorang warganet.

Baca Juga:
Penanda Sekaten, Dua Gamelan Keraton Kasunanan Surakarta akan Diarak

Warganet lain ikut berkomentar. “Sumpah fix banget, saya tetap kangen DIY sampai-sampai mau punya rumah di Yogyakarta,” ujar warganet ini.

“Ini ‘a day in my life‘ yang paling bermakna yang pernah lewat di FYP ku! Love banget!” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Minggu (9/10/2022), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 900 ribu kali di TikTok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *