Banjir Rendam Puluhan Rumah di Tulungagung

Tulungagung: Banjir merendam puluhan rumah warga  Desa Demuk, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu, 8 Oktober 2022.  Selain itu, genangan air juga  menutup akses jalan menuju perkampungan.  
 
Perahu karet milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat  langsung disiagakan untuk membantu evakuasi warga jika terjadi banjir susulan.
 
Meski berada di daerah pegunungan, air yang menggenangi lokasi permukiman dan area persawahan tersebut cukup tinggi, berkisar antara 50 sentimeter hingga 2 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Banjir mulai terjadi pada pagi sekitar pukul 04.00 WIB.  Selain air yang masuk ke rumah-rumah warga, banjir juga menutup akses jalan menuju perkampungan, ” ujar salah seorang warga, Nursalim.
 

Diceritakan Nursalim, akibat banjir tersebut beberapa keluarga sempat terisolasi. Daerah tersebut memang menjadi langganan banjir setiap tahunnya.
 
“Selain disebabkan intensitas hujan yang tinggi,  banjir terjadi karena air yang masuk ke pintu saluran pembuangan berupa terowongan bawah tanah  kurang lancar. Biasanya banjir surut dalam sehari, kalau tidak hujan lagi, ” bebernya.
 
Berdasarkan hasil pendataan petugas BPBD Tulungagung, jumlah warga yang terdampak sebanyak 55 keluarga. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya cukup parah terendam air hingga ketinggian 1 meter.
 
Pada sabtu sore, banjir sudah mulai surut. Pemerintah desa setempat memberikan bantuan bahan makanan bagi warga yang terdampak banjir.
 

(WHS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *