DPKP3 Kota Bandung Sebut 5 Jenis Pohon Berikut ini Banyak Tumbang di Kota Bandung

PURWASUKA- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung menyebutkan, ada beberapa jenis pohon yang banyak atau rawan tumbang. 

“Jenis pohon yang banyak tumbang atau patah tersebut diantaranya; mahoni, kersen, angsana, beringin, dan ki acret,” kata Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina dalam siaran pers Humas Pemkot Bandung, Minggu, 9 Oktober 2022. 

Sementara untuk penyebabnya kata Roslina, beberapa faktor penyebab pohon tumbang atau jadi rawan tumbang adalah faktor alam. Seperti cuaca ekstrem, pohon tua dan keropos. 

“Pohon tumbang atau patah karena faktor manusia juga ada, seperti tertabrak kendaraan, bekas galian proyek, pembakaran, drainase dan lainnya,” kata dia. 

Baca Juga:Pandeglang Diguncang Gempa Magnitudo 5,3, Gempa Dirasakan Sampai Sukabumi hingga Jakarta

Ia menambahkan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung mencatat selama triwulan ketiga tahun 2022 jumlah peristiwa pohon tumbang dan patah sebanyak 217 kejadian.

“Di antaranya peristiwa pohon tumbang sebanyak 108 kejadian dan patah dahan sebanyak 109 kejadian,” tambahnya.

Beberapa lokasi yang terdampak bencana terbanyak berada di Kecamatan Bandung Wetan 25 kejadian. Disusul Kecamatan Cicendo, Sumur Bandung, Coblong masing-masing 18 kejadian. Selebihnya Kecamatan  Lengkong 16 kejadian, dan Cidadap sebanyak 10 kejadian.

Selain itu sampai dengan triwulan III tahun 2022, DPKP3 Kota Bandung pun menerima 483 surat permohonan dari masyarakat. Di antaranya permohonan pemangkasan pohon sebanyak 238 surat, dan permohonan penebangan pohon sebanyak 245 surat. 

“Bedanya pangkas dan penebangan itu, kalau pangkas hanya batang dan ranting. Kalau penebangan sampai batas akar,”ucap dia. *** 

Baca Juga:Antisipasi Pohon Tumbang di Kota Bandung, 59 Pohon Ditebang dan 2.532 Pohon Dipotong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *