Ketua KPK Minta 3 Kekuatan NTB Bersih dari Korupsi

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap tidak ada tindakan koruptif di Nusa Tenggara Barat (NTB). Daerah itu punya tiga kekuatan yang bisa menyongsong ekonomi.
 
“Ada tiga sumber kekuatan dari NTB, yang saya rumuskan dengan singkatan ATM, yaitu agriculture (pertanian), tourism (pariswisata) dan mining (pertambangan). Untuk itu, marilah jaga NTB,” kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Minggu, 9 Oktober 2022.
 
Firli meminta para penyelenggara negara di NTB bekerja sesuai dengan tugas pokoknya. Dia tidak mau pejabat di NTB memanfaatkan tiga kekuatan NTB untuk meraup keuntungan sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pejabat juga diminta tidak memanfaatkan kuasanya untuk meraup keuntungan dari sektor perizinan di NTB. Tindakan koruptif di sektor perizinan diyakini cuma menyulitkan investasi. Perkembangan ekonomi jadi susah jika ada korupsi di sektor tersebut.
 
“Perlu pula dijamin kepastian kemudahan investasi, perizinan berusaha dan pertumbuhan ekonomi mewujudkan aparatur yang bebas dari KKN termasuk di wilayah NTB,” ujar Firli.
 

 
KPK siap memberikan pendidikan antikorupsi kepada pejabat di NTB untuk meningkatkan integritasnya. Pendidikan merupakan salah satu strategi pemberantasan korupsi yang kini digencarkan oleh KPK.
 
“Pendidikan fokusnya agar orang tidak mau korupsi. Strategi pencegahan adalah dengan perbaikan sistem agar tertutup celah korupsi sehingga orang tidak bisa korupsi. Strategi ketiga yaitu penindakan untuk memberikan efek jera,” ucap Firli.
 

(END)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *