NasDem Berikan Kewenangan Anies Tentukan Bakal Cawapres

Yogyakarta: Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, mengatakan komunikasi intensif terus dibangun bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pemilu 2024. Komunikasi tersebut akan segera diwujudkan dalam koalisi, dan dipastikan deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan pada 10 November mendatang. 
 
“Sudah clear. Koalisi yang terbangun yang akan menjadi benang merah dan episentrumnya, magnet utamanya Pak Anies. Wapresnya kita serahkan kepada Pak Anies seperti yang disampaikan Pak Surya Paloh saat deklarasi,” kata Willy dalam diskusi bertema ‘Perkembangan Politik Terkini Pasca Deklarasi Capres’ yang digelar DPW NasDem DIY di Hotel Merapi Merbabu, Sleman, Minggu, 9 Oktober 2022. 
 
Menurut dia, langkah awal ini menunjukkan bahwa Partai NasDem selalu menjadi pioner langkah-langkah politik spektakuler. Dulu, kata dia, membangun koalisi tanpa syarat. Kini, menjadikan Anies sebagai capres merupakan tujuan utama dari NasDem. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Upaya menjalin komunikasi ini dimulai dengan spirit continuity and change, perbaikan dan perubahan,” ujar Wakil Ketua Badan Legislatif DPR itu. 
 
Willy juga menegaskan meski saat ini telah menentukan calon presiden, NasDem tetap loyal kepada pemerintahan Jokowi hingga akhir pemerintahan. 
 
Sementara, DPW NasDem DIY optimistis calon presiden yang diusung partainya bakal menang saat Pilpres 2024 di Yogyakarta. Figur Anies dianggap kuat dan merupakan warga Yogyakarta yang menjadi magnet tersendiri bagi pemilihnya. 
 
Baca: AHY Susun Pertemuan Lanjutan Bersama Anies Baswedan
 
“Targetnya menang di Yogyakarta karena Pak Anies asli dari Yogyakarta. Pak Anies dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi di sini bahkan sampai rumah di Yogyakarta. Jadi lebih mudah untuk mengenalkan figurnya di tengah masyarakat,” ujar Ketua DPW NasDem DIY, Subardi. 
 
Ia mengatakan langkah terdekat menyelesaikan pembentukan tim pemenangan di tingkat struktural wilayah, kabupaten, kecamatan, kelurahan hingga dusun. Selain itu, lanjutnya, saksi-saksi tingkat TPS disiapkan mulai pekan depan. 
 
Menurut dia, cukup banyak relawan yang siap memenangkan Anies. Relawan itu antara lain kelompok pedagang, milenial hingga akademisi. Ia mengatakan solidnya kader NasDem di DIY juga menjadi keuntungan tersendiri. 
 
“Kader NasDem di DIY tidak ada yang keluar dari partai usai penetapan Anies. Konsolidasi internal akan terus dilakukan DPW dalam waktu dekat ini,” ungkap Subardi.
 

(NUR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *