NasDem Diyakini Dapat Coattail Effect Terbesar Usai Deklarasi Anies Presiden

Jakarta: Keputusan Partai NasDem yang memiliki Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dinilai bakal memberikan keuntungan besar. Efek ekor jas untuk NasDem dari pencalonan Anies diyakini bakal paling banyak didapat.
 
“Karena coattail effect (efek ekor jas) ini akan lebih besar condong diperoleh oleh NasDem karena parpol yang lebih dulu mendukung Anies sedangkan sisanya akan terdistribusi ke parpol lainnya,” kata Pengamat Politik Herry Mendrofa kepada Medcom.id, Minggu, 9 Oktober 2022.
 
Herry menilai banyak partai yang kini tengah mempertimbangkan berkoalisi dengan NasDem. Menurut dia, tak sedikit partai yang saat ini tergiur karena Anies memiliki kharisma yang besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Anies memiliki tren elektabilitas yang cukup baik di sisi lain juga merupakan sosok yang merepresentasikan ceruk elektoral dari segmen masyarakat kontra rezim,” ucap Herry.

Dia meyakini semua partai yang mendukung Anies pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bakal untung. Rekam jejak Anies dinilai bisa mendongkrak suara partai yang berkoalisi padanya.
 
“Artinya bagi parpol yang mendukung akan memperoleh coattail effect dari ketokohannya,” ujar Herry. 
 

(LDS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *