Sandiaga Minta UMKM Lebih Kuat via Digitalisasi di Tengah Inflasi

Magetan: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong akselerasi digitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Langkah itu sebagai upaya memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing.
 
“Di tengah kondisi ekonomi yang berpotensi inflasi, UMKM harus lebih kuat dengan melakukan branding dan digitalisasi. Hal itu yang terus didorong, salah satunya dengan memanfaatkan dunia digital,” ujar Sandiaga, dilansir dari Antara, Minggu, 9 Oktober 2022.
 
Menurut dia, branding dan digitalisasi merupakan suatu tuntutan yang harus dihadapi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif saat ini, utamanya di masa pandemi covid-19. Karenanya, ia mengajak pelaku ekonomi kreatif serta UMKM di seluruh Tanah Air, termasuk di Magetan untuk bersiap menghadapi tantangan tersebut.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bupati Magetan Suprawoto menyambut baik upaya digitalisasi UMKM di Magetan. Pemkab Magetan juga terus mendorong hal itu agar UMKM di Magetan bertahan dan maju. “Kabupaten Magetan mendapat kuota 10 ribu untuk digital finance. Salah satunya kuota itu diisi oleh para pelaku UMKM yang telah dilatih oleh kita,” kata Suprawoto.

Selain terus mendorong digitalisasi UMKM, Pemkab Magetan juga mengklaim saat ini sudah banyak produk UMKM setempat yang masuk katalog elektronik. Sehingga produknya bisa dibeli tak hanya warga Magetan tapi juga warga luar daerah. Kegiatan Gerak Cepat Bangkitkan Ekonomi Magetan (Geregetan) diikuti sekitar 230 pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Magetan.
 
Lebih lanjut, Menparekraf Sandiaga Uno memberi kesempatan para pelaku UMKM untuk foto bersamanya dengan membawa produknya masing-masing. Hal itu sebagai salah satu strategi pemasaran agar produk para pelaku UMKM dikenal pasar.
 

(ABD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *