Senin 10 Oktober 2022 Hendrar Prihadi Dilantik Jokowi Sebagai Kepala LKPP, Mbak Ita Tempati Walikota Semarang

SUARA SEMARANG – Pada Senin 10 Oktober 2022 Hendrar Prihadi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pelantikan Hendrar Prihadi digelar di Istana Negara, Jokowi mengangkat sebagai Kepala LKPP periode 2022-2027.

Acara pelantikan Hendrar Prihadi juga bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2022-2027.

Kabar Hendrar Prihadi dilantik pada Senin 10 Oktober 2022, beredar dalam sebuah lembar sejenis undangan. Dikeluarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Baca Juga:Ini Dia Sosok Pengganti Walikota Semarang, Hendrar Prihadi Diangkat Jadi Kepala LKPP

Dalam undangan tersebut ada dua agenda pelantikan yakni pertama Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta DIY. Kemudian pelantikan Kepala LKPP.

Tercantum pula lokasi tempat pelantikan yakni di Istana Negara, dengan langsung Presiden Jokowi yang melantik pada dua agenda tersebut. Pelantikan juga tercantum pada pukul 09.30 WIB.

Kabar Hendrar Prihadi dilantik menjadi Kepala LKPP kemudian ramai dengan banyaknya karangan bunga sebagai tanda ucapan selamat.

Ratusan karangan bunga sudah dipasang di halaman Balaikota Semarang sejak Minggu (9/10/2022) siang.

Dilantik Hendrar Prihadi sebagai Kepala LKPP otomatis melepaskan jabatan dia sebagai Walikota Semarang

Baca Juga:Profil Hendrar Prihadi Walikota Semarang Jadi Kepala LKPP

Jabatan Hendrar Prihadi sendiri sebenarnya akan berakhir pada tahun 2026 sebab menjabat sejak 2021.

Untuk Jabatan Walikota Semarang yang ditinggal Hendrar Prihadi, diproyeksikan akan ditempati oleh Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita.

Mbak Ita adalah wakil walikota Semarang yang mendampingi Hendrar Prihadi selama dua periode atau petahana sejak 2016.

Posisi Mbak Ita akan melanjutkan sisa jabatan sebagai walikota Semarang hingga 2026 atau kurang lebih 4 tahun kedepan. Posisi yang diemban kemungkinan besar adalah Plt atau pelaksana tugas.

Jabatan Plt sendiri juga pernah dijalani oleh Hendrar Prihadi saat melanjutkan jabatan walikota Semarang menggantikan Soemarmo HS pada tahun 2012. Saat itu Soemarmo HS tersandung kasus korupsi.

Dikabarkan sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto pernah memberikan bocoran siapa yang akan menjadi pengganti Hendrar Prihadi sebagai Walikota Semarang.

Bambang Pacul mengatakan bahwa pengganti sebagai walikota Semarang otomatis diisi oleh Wakil Walikota Semarang saat ini, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita.

“Untuk penggantinya (Hendi) ya wakilnya naik. Untuk (pengganti) wakil walikota nya sendiri yo nanti diproses lagi, diajukan oleh partai pengusung, itu urutane wes ono aturane,” kata Bambang pacul, Minggu (18/9/2022).

Adanya Presiden Jokowi menarik Hendrar Prihadi ke Jakarta sebagai Kepala LKPP, pihaknya tak mempermasalahkan sebab memang sudah sesuai mekanisme yang berlaku. Apalagi presiden yang langsung meminta sesuai hak prerogatif.

“Kita OK nggak ada masalah, kalau memang itu yang diinginkan (presiden) ya kita ikut,” kata Bambang Pacul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *