Ingin Tiru Brazil, Erick Upayakan BBM Ramah Lingkungan

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin meniru Brazil terkait energi bersih. Negara tersebut berhasil memprioritaskan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dan menekan polusi udara.
 
“Kita juga ingin menciptakan BBM yang ramah lingkungan, seperti yang sudah kita saksikan di Brazil bagaimana langit negara tersebut biru dan lingkungan hidupnya lebih baik,” kata Erick dikutip dari Antara, Selasa, 11 Oktober 2022.
 
BBM ramah lingkungan, kata dia, dapat diupayakan melalui peningkatan produksi bioetanol. Erick menyebut hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait penggunaan energi bersih.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick mengatakan pihaknya melakukan benchmarking dengan Brazil terkait bioetanol. Termasuk, mendorong hasil produksi turunan gula menjadi bioetanol, tak hanya kelapa sawit.
 

“Kita harus memastikan bahwa Indonesia juga bisa memproduksi bioetanol, karena Ini menjadi bagian untuk menyelesaikan yang namanya importasi BBM yang terus meningkat ke depan,” ujar Erick.
 
Menurut dia, ikhtiar tersebut membutuhkan dukungan semua pihak. Sebab, hal ini merupakan upaya membangun kedaulatan pangan dan energi Indonesia.
 
“Kita harapkan sinergi yang kita lakukan pada hari ini terus bisa terjaga, karena ini bukan lari 100 meter tetapi itu merupakan lari maraton bersama-sama,” kata Erick Thohir.
 

(ADN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *