Profil Irjen Teddy Minahasa, Kapolda Jawa Timur Baru, Mantan Ajudan Wapres

Suara.com – Sebelumnya, Irjen Teddy Minahasa menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Kemudian diketahui, bahwa Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tinggi Polri. Satu di antara sosok yang terkena mutasi Kapolri adalah Kapolda Jawa Timur, yaitu Irjen Nico Afinta.

Di dalam surat telegram rahasia (TR) bernomor ST/2134/X/KEP/2022 tertanggal 10 Oktober 2022, Irjen Nico Afinta mendapatkan jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Budaya (Sahlisosbud ) Kapolri. Sementara itu, jabatan Kapolda Jawa Timur yang kosong selanjutnya akan diisi oleh Irjen Teddy Minahasa.

Banyak yang penasaran, siapakah sosok Irjen Teddy Minahasa? Inilah profil Irjen Teddy Minahasa sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Profil Irjen Teddy Minahasa

Baca Juga:
Gantikan Teddy Minahasa, Ini Profil Kapolda Sumbar yang Baru Irjen Rusdi Hartono

Irjen Teddy Minahasa Putra lahir di Minahasa, Sulawesi Utara tepatnya pada tanggal 23 November 1970.  Irjen Teddy Minahasa Putra lulus dari Akademi Kepolisian pada 1993 silam, dan berpengalaman di bidang lalu lintas.

Selain itu, Irjen Teddy Minahasa Putra juga pernah menjabat sebagai Ketua Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). Selama menjadi perwira Polri, Irjen Teddy Minahasa Putra sudah menempati berbagai jabatan, seperti pernah menjabat sebagai Kapolda Banten.

Irjen Teddy Minahasa Putra pernah menjabat sebagai Kapolres Malang Kota pada 2011 serta Karopaminal Divpropam Polri (2017). Kemudian, pada Agustus 2018, Irjen Teddy Minahasa Putra menjabat sebagai Kapolda Banten menggantikan Listyo Sigit Prabowo. Irjen Teddy Minahasa Putra sebagai Kapolda Banten hanya berlangsung selama tiga bulan. Kemudian setelah itu, Irjen Teddy Minahasa Putra diangkat menjadi Wakapolda Lampung melalui surat telegram Kapolri.

Riwayat Jabatan Irjen Teddy Minahasa

Seperti dikutip dari berbagai sumber, inilah riwayat jabatan Teddy Minahasa:

Baca Juga:
Profil Irjen Nico Afinta, Kapolda Jawa Timur yang Resmi Dicopot setelah Tragedi Kanjuruhan

  • Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah (2008)
  • Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya
  • Kapolres Malang Kota (2011)
  • Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri (2013)
  • Kaden C Ropaminal Divpropam Polri (2013)
  • Ajudan Wapres RI (2014)
  • Staf Ahli Wakil Presiden RI (2017)
  • Karopaminal Divpropam Polri (2017)
  • Kapolda Banten (2018)
  • Wakapolda Lampung (2018)
  • Sahlijemen Kapolri (2019)
  • Kapolda Sumatra Barat (2021)

Irjen Teddy Minahasa Putra memang pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2014. Jusuf Kalla sendiri yang memilih Irjen Teddy Minahasa Putra, yang pada saat itu masih berpangkat Kombes Pol untuk menjadi ajudannya. Saat Irjen Teddy Minahasa Putra menjabat sebagai ajudan Wapres, saat itu berbarengan dengan Listyo Sigit Prabowo yang dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Irjen Teddy Minahasa Putra juga banyak mendapatkan penghargaan, di antaranya adalah mendapatkan penghargaan Seroja Wibawa Nugraha sebagai lulusan terbaik. Bahkan, Irjen Teddy Minahasa Putra pernah menjadi penerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya.

Menjabat Sebagai Kapolda Jatim

Terbaru, Irjen Teddy Minahasa yang saat ini berpangkat Irjen Pol dan menjabat sebagai Kapolda Sumbar akan menjadi Kapolda Jatim. Dirinya menggantikan Irjen Nico Afinta yang mendapatkan jabatan sebagai Sahlisosbud Kapolri.

Jabatan Kapolda Sumatera Barat yang ditinggalkan oleh Irjen Teddy Minahasa akan diisi Irjen Rusdi Hartono yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdikat Polri. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan mengenai kabar pergantian sejumlah Pati Polri tersebut.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *