Sering Overthinking? Awas, Bisa Jadi Pemicu Awal Bunuh Diri!

Jakarta: Stres merupakan salah satu pemicu bunuh diri. Stres dapat dibentuk oleh pemikiran-pemikiran keliru, buah dari pemikiran berlebihan atau overthinking.
 
Overthinking kini kerap diungkapkan remaja ketika mendapat banyak tekanan, memikirkan banyak hal, hingga membayangkan hal ke depan. Psikolog anak dan remaja, Farida Aini, menyebut kondisi overthinking tak bisa disepelekan.  
 
“(Remaja) dia mempunyai pemikiran-pemikiran yang keliru begitu, kasus-kasus mahasiswa remaja saat ini erat dengan kaitannya dengan overthinking,” kata Farida kepada Medcom.id, Senin, 10 Oktober 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut overthinking bisa jadi berbahaya. Kondisi tersebut bisa membawa sesorang ke dalam pemikiran tidak rasional.
 
“Memikirkan hal-hal yang di luar dari hal yang seharusnya dia pikirkan, itu yang membuat dia itu tidak bisa berpikir rasional, jadi itu yang harus kita perhatikan,” ujar dia.
 
Farida menyatakan overthinking bisa menjadi bentuk stres yang tidak bisa ditangani. Kemudian, menjadi depresi.
 
“Kemudian menjadi penyendiri, kemudian lari dari kehidupan sosial, itu bisa menunjukkan gejala-gejala bahwa remaja tersebut sudah harus diantisipasi,” tutur dia.
    

 
 

(REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *