Tunggu Persetujuan FIFA, Liga Indonesia Berpotensi Libur Lebih dari Dua Pekan

Jakarta: Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh, mengatakan bahwa liga-liga sepak bola Indonesia musim 2022-2023 akan dimulai kembali setelah mendapat persetujuan dari badan sepak bola dunia FIFA. Jadi, penundaannya bisa saja lebih dari dua pekan sejak terjadinya Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.
 
“Berhenti dulu sampai format pengamanan dan format kompetisi tertata ulang dengan bagus. Kalau sudah baik, nanti di-‘approve’ FIFA baru akan kami laksanakan lagi,” ujar Ahmad setelah mendampingi PSSI menghadiri pemanggilan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022).
 
Meski demikian, lanjut Ahmad, PSSI masih terus berkomunikasi dengan FIFA terkait kelanjutan kompetisi setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan jiwa. Bahkan, Koordinator Proyek Pengembangan FIFA Niko Nhouvannasak sudah berada di Indonesia dan telah bertemu dengan PSSI.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Puncaknya, Presiden FIFA (Gianni Infantino-red) akan datang ke Indonesia pada tanggal 18 atau 19 Oktober 2022,” kata Ahmad.
 
Liga 1, 2 dan 3 Indonesia disetop sementara oleh PSSI dan LIB berdasarkan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang dibentuk oleh pemerintah dan diketuai Menko Polhukam Mahfud MD.
 
Sementara investigasi berlangsung, pemerintah juga bakal membentuk tim Transformasi Sepak Bola Indonesia bersama AFC dan FIFA untuk mencegah terulangnya Tragedi Kanjuruhan. Sudah ada lima langkah yang disusun pemerintah untuk mengubah wajah sepak bola Tanah Air.
 
Pertama, membangun standar keamanan infrastruktur stadion. Kedua, memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan berdasarkan standar keamanan internasional. Ketiga, melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub. Keempat mengatur jadwal pertandingan, dan yang kelima melakukan pendampingan dengan para ahli di bidangnya. (ANT)

 

(KAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *