Wapres AS Kamala Harris Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Mental

Jakarta: Hari Kesehatan Mental Sedunia telah dirayakan pada 10 Oktober lalu. Gerakan ini ditujukan untuk siapa pun dapat berkonsultasi jika mengalami gangguan kesehatan mental.

Saat ini, layanan untuk melaporkan gangguan kesehatan mental telah beredar. Tidak hanya di Indonesia, termasuk di Amerika sekali pun. Bahkan, peluncuran ‘988 Suicide & Crisis Lifeline’ dari pemerintah di sana pun dilakukan.

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris berbagi dalam wawancara dengan Cosmopolitan, mengatakan percaya bahwa di negaranya banyak anak muda yang sedang berjuang dengan kesehatan mereka.

“Kita harus menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental dan tempat yang aman untuk mendiskusikan tantangan. Kita harus memudahkan orang untuk mendapatkan perawatan, di mana pun mereka tinggal,” kata Kamala Harris.

Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris memiliki misi untuk meningkatkan kesehatan mental warga negara mereka. Strategi yang difokuskan pun terdiri atas tiga hal, merekrut spesialis kesehatan, menghubungkan dengan perawatan yang dibutuhkan, serta menciptakan lingkungan sehat.

“Strategi kami berfokus pada tiga bidang: pertama, membantu merekrut lebih banyak spesialis kesehatan perilaku ke komunitas yang kurang terlayani. Kedua, menghubungkan orang Amerika dengan perawatan yang mereka butuhkan. Dan ketiga, menciptakan lingkungan yang sehat bagi orang Amerika untuk berbicara tentang kesehatan mental,” jelasnya.

Setidaknya, pemerintah Amerika Serikat diketahui telah menginvestasikan lebih dari USD5 miliar untuk memperluas akses layanan kesehatan mental serta narkoba melalui American Rescue Plan (ARP).

Kamala Harris menjelaskan bahwa kegiatan ini terinspirasi dari Center for Youth Wellness, di mana saat menjadi jaksa di wilayah San Fransisco, ia melihat bagaimana trauma yang tidak terdiagnosis dan tidak dapat diobati menjadi tantangan dari kesehatan mental.

“Setiap saat, siang atau malam, setiap orang di negara kita dapat menelepon 988 untuk berbicara dengan konselor terlatih. 988 Suicide & Crisis Lifeline sepenuhnya rahasia dan gratis untuk digunakan. Tidak peduli siapa Anda, dan di mana pun Anda tinggal, seseorang akan ada untuk Anda,” katanya terkait dengan 988 Suicide & Crisis Lifeline.

Kamala Harris juga berbagi tips agar kesehatan mental ia tetap terjaga selama menjadi wakil presiden yang bisa di posisi stres tinggi. Berolahraga setiap pagi, tidur yang cukup, dan temukan apa yang sesuai bagi diri sendiri.

“Bagi saya, saya berolahraga setiap pagi itu yang penting. Tidak peduli berapa lama saya tidur, setidaknya saya berolahraga 30 menit sehari,” kata Kamala.

Baginya, ini membantu Kamala menjalani hari-harinya. Dan, ia katakan cari cara sesuai denganmu.

“Kemudian, cobalah untuk bersama-sama keluarga dan teman-teman, karena kehadiran mereka bisa menghiburmu. Tak hanya saat senang, juga ada di saat kamu merasa sedih,” ujar Kamala.

“Bahkan di saat-saat harimu sedang kelam, ketahuilah bahwa itu akan menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Aulia Putriningtias

 
(FIR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *