Taktik Jitu Supaya Kamu Nggak Zonk Pilih Kampus di Luar Negeri

Jakarta: Kuliah di luar negeri dan mendapatkan pendidikan terbaik adalah mimpi bagi sebagian orang. Sebelum melanjutkan studi di luar negeri, tentu perlu persiapan matang dan banyak pertimbangan. Peringkat kampus tidak melulu jadi penentu kualitas suatu kampus, lho!
 
Supaya Sobat Medcom tidak zonk saat memilih kampus tempat melanjutkan studi, terutama kampus luar negeri, penting bagi Sobat Medcom untuk melakukan hal-hal berikut ini:

1. Cek jurusan unggulan

Setiap kampus punya spesifikasi penelitian dan jurusan unggulan dibandingkan dengan kampus lain. Jadi, pilihlah kampus yang unggul di bidang yang Sobat Medcom inginkan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan. Sobat Medcom bisa melakukan riset ke situs-situs, seperti www.niche.com, www.usnews.com, atau www.topuniversities.com. 

2. Cari penelitian yang berkaitan dengan bidang

Peringkat kampus tinggi tapi tidak ada dosen yang sesuai dengan minat penelitian akan sia-sia. Karena Sobat Medcom tidak mendapat bimbingan dari ahli di bidangnya. Supaya hal ini tidak terjadi, coba lihat referensi penelitian calon pembimbing di laman www.researchgate.com, www.elsevier.com, atau www.nature.com. 

3. Sesuaikan dengan rencana karier masa depan

Sobat Medcom bisa memilih program Master by Research atau Master by Course di kampus tujuanmu, pilih sesuai prospek karier yang diinginkan.

4. Track record alumni

Meski tidak berpengaruh secara langsung, track record alumni di suatu jurusan atau kampus bisa memberi kemudahan koneksi. Biasanya hal ini berlaku jika Sobat Medcom ingin berkuliah di Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan, atau Taiwan.
 
Itulah trik yang bisa Sobat Medcom pakai untuk menentukan jurusan, kampus, bahkan negara yang akan menjadi tujuan berkuliah. Jangan lupa untuk selalu melakukan background check selengkap-lengkapnya agar Sobat Medcom punya gambaran tentang apa yang akan dihadapi. (Annisa Ambarwaty)
 





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

(REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *