WIFI Perkuat Industri Metaverse Topang Ekosistem Digital Indonesia

Jakarta: PT Solusi Sinergi Digital Tbk terus mendongkrak ekonomi digital di Tanah Air seiring digitalisasi kian masuk ke hampir lini kehidupan sehari-hari. Salah satu yang dilakukan yakni meluncurkan versi beta dari ekosistem metaverse transportasi pertama di Indonesia bernama MyVerse.
 
Dalam pengembangan ekosistem tersebut, perusahaan berkode emiten WIFI ini berkolaborasi dengan dua perusahaan kreatif digital global yaitu Fromlabs Pte Ltd dan PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem (FuturPhuture). Hal itu juga sejalan dengan tren metaverse telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.
 
Berdasarkan riset yang WIFI lakukan selama ini terhadap industri metaverse, adopsi secara massal merupakan kunci keberhasilan dari suatu ekosistem digital. Oleh karena itu, MyVerse mengusung konsep metaverse yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat tanpa harus menggunakan perangkat khusus dalam berselancar di dalam ekosistem MyVerse.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aset digital yang dibangun merupakan visualisasi dari aset yang sebenarnya pada kehidupan nyata sehingga diharapkan menjadi jembatan antara realitas dan dunia virtual. Para pengguna dapat menikmati seluruh fitur yang ada pada MyVerse dengan lebih mudah seperti mendapatkan informasi secara real time dan melakukan komunikasi antar pengguna.

“Peluncuran MyVerse merupakan tahap awal untuk membantu mendorong peningkatan ekonomi kreatif digital Indonesia. Seluruh kalangan masyarakat dapat memanfaatkan ekosistem digital ini,” kata CEO Surge Hermansjah Haryono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 12 Oktober 2022.
 
Ia mengatakan tentunya untuk membangun ekosistem di dunia Metaverse tidak mudah karena diperlukan latency konektivitas yang rendah dalam memberikan experience terbaik bagi pengguna. “Kami membuka seluas-luasnya potensi kolaborasi dengan berbagai kalangan dalam membangun ekosistem digital Indonesia yang lebih baik ke depan,” ucapnya.
 
Pada tahap awal, target potensi pengguna MyVerse merupakan 20 juta pengguna moda transportasi berbasis rel maupun publik yang selama ini menikmati layanan-layanan dari Surge. MyVerse diharapkan memberikan peningkatan experience bagi seluruh pengguna layanan-layanan ekosistem Surge.
 
CEO Fromlabs Pte Ltd Indra Wijaya mengatakan pihaknya menyambut baik produk yang bekerja sama dengan dua entitas Indonesia yang memiliki reputasi baik. “Dalam waktu singkat, kerja sama ini telah menghasilkan produk nyata yang bisa mendidik dan membantu membawa masyarakat Indonesia ke ekonomi digital Web 3.0,” ucapnya.
 
Di sisi lain, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi digital adalah salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini sedang berkembang sangat pesat. Tercatat nilai ekonomi industri digital di 2021 mencapai USD70 miliar dan diperkirakan meningkat hingga USD145 miliar pada 2025.
 
“Ekonomi digital tentu tidak hanya identik dengan perusahaan startup dan e-commerce, namun ini juga mencakup berbagai entitas yang sebelumnya sudah well-established dengan cara kerja konvensional dan sekarang beralih ke digital,” ujar Menkeu.
 
Meski teknologi menghadirkan peluang dan membantu meningkatkan efisiensi serta kualitas, namun Menkeu tidak menampik teknologi juga berpotensi menimbulkan risiko besar, distorsi, serta disrupsi. Untuk menghadapi perubahan digital itu, Kementerian Keuangan melakukan penyesuaian dengan mengembangkan platform digital.
 
Hal itu untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis mulai dari tata persuratan, administrasi kantor, pelayanan kepada pihak eksternal, hingga pengelolaan anggaran. “Kita juga terus memperbaiki dengan membuat berbagai terobosan termasuk didalamnya penggunaan teknologi digital yang dapat menghemat anggaran secara signifikan,” pungkasnya.
 

(ABD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *