Pengamat: Deklarasi Pertama Calon Pemimpin Ciri Khas NasDem dalam Berpolitik

Jakarta: Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menyatakan Partai NasDem punya ciri khas tersendiri dalam berpolitik. Ciri khas tersebut terukir lantaran NasDem selalu menjadi partai politik (parpol) pertama dalam melakukan deklarasi terhadap calon kepala daerah maupun presiden.
 
“Menjadi partai politik pertama dalam melakukan deklarasi terhadap seorang calon kepala daerah maupun presiden memang seperti telah menjadi ciri khas dari Partai NasDem dalam berpolitik,” ungkap Bawono kepada Media Indonesia, Rabu, 12 Oktober 2022.
 
Ia mencontohkan ciri khas itu terbentuk saat Partai NasDem melakukan deklarasi terhadap Joko Widodo jelang Pemilu 2019. Kemudian, saat mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jawa Barat dalam Pilgub Jabar 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dengan menjadi parpol pertama mendeklarasikan Anies sebagai bakal calon presiden tentu Partai NasDem akan berpotensi menjadi partai paling menuai efek ekor jas dari para pemilih Anies nanti pada 14 Februari 2024,” terangnya.
 

Dengan melakukan deklarasi terhadap Anies, Bawono melihat NasDem bermaksud untuk mengambil momentum bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI.
 
“Secara tidak langsung sebagai parpol pertama melakukan deklarasi terhadap Anies sebagai bakal calon presiden akan membuat posisi NasDem ssbagai pemimpin dari koalisi yang akan terbentuk nanti,” papar dia.
 

(AGA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *