Profil Tristan Gooijer, Bek Tengah Ajax U-21 yang Bakal Susul Justin Hubner ke Timnas Indonesia U-19

Tristan Gooijer digadang-gadang menjadi salah satu dari empat nama yang setuju membela Indonesia

Pemain Ajax Amsterdam, Tristan Gooijer yang punya keturunan Indonesia. (Instagram/tristangooijer)

Bolatimes.com – Setelah muncul nama Justin Hubner dan Ivar Jenner yang akan dinaturalisasi untuk timnas Indonesia, kini nama terbaru yang diperbincangkan ialah Tristan Gooijer, bek tengah Ajax U-21.

Tristan Gooijer menjadi nama pemain yang belakangan ini ramai diperbincangkan publik karena disebut-sebut bakal menyusul Justin Hubner dan Ivar Jenner untuk dinaturalisasi PSSI.

Namanya dibidik bukan karena alasan. Sebab, Shin Tae-yong membutuhkan pemain yang tangguh untuk barisan pertahanannya, mengingat banyaknya penyerang ganas di Piala Dunia U-20.

Pemain berusia 18 tahun ini dianggap pilihan tepat karena ia kenyang pengalaman di level muda. Diketahui, Gooijer merupakan bek andalan akademi Ajax Amsterdam.

Jika Tristan Gooijer benar-benar menjadi pemain keturunan Indonesia yang nantinya dinaturalisasi oleh PSSI, maka kekuatan timnas Indonesia U-19 akan semakin tangguh, terutama di sektor pertahanan.

Sebab, sudah ada nama Justin Hubner yang bisa menjadi rekan duel Tristan Gooijer di jantung pertahanan. Itu belum termasuk nama-nama pemain lokal seperti Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, hingga Ahmad Rusadi.

Profil Tristan Gooijer

Tristan Gooijer merupakan pesepak bola yang lahir di Blaricum, Belanda, pada 2 September 2004. Dengan kata lain, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini masih berusia 18 tahun.

Sebagai informasi, Tristan Gooijer merupakan pemain asli binaan akademi Ajax Amsterdam.  Sebab, ia sudah menjadi skuat de Godenzonen sejak kategori U-14 hingga kini naik pangkat ke tim U-21.

Menyoal Tristan Gooijer memiliki darah Indonesia tertuang dalam situs statistik asal Jerman, Transfermarkt. Ia diketahui memiliki dua warga negara, yakni Belanda dan Indonesia. Namun, status resminya adalah berpaspor Belanda.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum diketahui dari mana darah keturunan Indonesia tersebut mengalir kepada Tristan Gooijer.

Selain Ajax Amsterdam, Tristan Gooijer juga tercatat pernah menimba ilmu di FC Almere, Forza Almere, hingga Almere City FC. Kemudian pada 1 Juli 2016, ia mulai bergabung dengan akademi Ajax Amsterdam.

Tristan Gooijer juga diketahui memiliki kemampuan multi-posisi. Selain bisa bermain. Sebagai bek tengah, dia juga mampu diplot sebagai bek kanan. 

Dengan kata lain, kemampuan ini sangat berguna bagi Shin Tae-yong karena bisa memberikan peran berbeda bagi Tristan sesuai dengan kebutuhan taktikal.

Kualitas yang dimiliki pemain berpostur 180 cm ini sebetulnya juga tak perlu diragukan. Sebab, dia sudah menjadi bagian dari skuad tim nasional Belanda di kelompok usia muda.

Tristan Gooijer tercatat pernah mencatatkan tiga penampilan bersama timnas Belanda U-16. Debutnya tercatat pada 7 November 2019 bersama pelatih Martijn Reuser.

Masih dengan pelatih yang sama, bek berusia 18 tahun ini juga sudah mencatatkan enam pertandingan internasional bersama timnas Belanda U-18. 

Kala itu, debutnya tercipta pada 6 September 2021, tepatnya ketika timnas Belanda U-18 menghajar Italia U-18 pada laga uji coba internasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *