Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Tanpa Jordi Amat dan Sandy Walsh

Bagaimana dengan prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022? Ada yang perlu digantikan pemain lainnya?

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com – Daftar susunan pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2022 sepertinya harus disusun tanpa bantuan dua pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Hal ini karena peluang Jordi Amat dan Sandy Walsh tampil bersama timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2022 masih sangat kecil.

Sebab, sampai saat ini proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh masih belum rampung meskipun diharapkan selesai pada November 2022. Dengan demikian, keduanya berpotensi absen bersama timnas Indonesia.

Kalau pun sudah menjadi WNI, kedua pemain tersebut berpotensi tidak dapat berkompetisi di Piala AFF lantaran turnamen tersebut bukanlah bagian dari agenda FIFA.

“Soal itu, kami berkomunikasi dengan klub-klub mereka. Ada beberapa klub yang rehat saat kompetisi itu,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

“Kalau begitu, mungkin klub akan mengizinkan kecuali mereka sedang ada di kompetisi dan sangat dibutuhkan. Namun, kami juga tidak bisa memaksakan karena memang bukan ‘FIFA match day’,” tutur Yunus.

Jika harus bermain tanpa kedua pemain ini, maka pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diprediksi masih akan menggunakan format dan komposisi yang sama seperti laga melawna Curacao pada ajang FIFA Matchday lalu.

Pada ajang internasional itu, Shin Tae-yong menggunakan pakem 3-4-3. Pakem ini juga berbeda dengan timnas Indonesia U-20 karena pelatih asal Korea Selatan itu menyesuaikan dengan kebutuhan tim dan ketersediaan materi pemain.

Di sektor penjaga gawang, nama kiper yang masih dianggap sebagai yang terbaik ialah Nadeo Argawinata. Dia akan menjadi benteng terakhir skuad Garuda di bawah mistar gawang.

Lalu, Shin Tae-yong akan memasang tiga bek tengah seperti sebelumnya. Tiga nama yang dipilih ialah Elkan Baggott, Rahmat Irianto, dan Fachruddin Aryanto.

Untuk sektor wing back, di kiri ada Pratama Arhan lalu Asnawi Mangkualam berada di kanan. Dua pemain yang menjadi gelandang tengah ialah Ricky Kambuaya dan Marc Klok.

Sementara itu, untuk sektor depan, Shin Tae-yong sepertinya masih akan memasang tiga nama pemain, yakni Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani di sisi sayap untuk menopang Dimas Drajad sebagai ujung tombak.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Elkan Baggott, Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto; Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Saddil Ramdani;

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *