Jasa Raharja Hadiri Rapat Penutupan Dan Evaluasi Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 1444 H Tahun 2023

SOERATAKABAR.COM, Tanjungpinang – PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang telah ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pos koordinasi penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 1444H tahun 2023 di wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Lalu pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2023 Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang yang diwakili oleh Hendri Kusuma, Penanggungjawab Teknik PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang, menghadiri Rapat Penutupan dan Evaluasi Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 1444 H Tahun 2023 di kantor KSOP Kelas III Kijang.

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan kepala instansi terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Dinas Perhubungan Kab. Bintan, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kelas III Tanjungpinang, Danramil 02 Bintan Timur, Kepala Pos Mat TNI AL Kijang, Kasat Polairud Polres Bintan, Kepala Pos Kepolisian Kawasan Pelabuhan Kijang, PT Pelindo Regional I Cabang Tanjungpinang serta PT. Pelayanaran Nasional (PELNI) Tanjungpinang.

Rapat tersebut dipimpin oleh Bpk. Yuzerizal, M.M.TR selaku Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Kijang. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan pos koordinasi penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Sei Kolak, Kijang.

Seluruh instansi telah memastikan keselamatan angkutan lebaran dan telah memastikan seluruh armada kapal dalam keadaan laiklaut. Selain itu pembentukan posko pelayanan di pelabuhan telah mengawasi penerapan protokol kesehatan bagi seluruh penumpang dan petugas serta melakukan pengawasan keamanan, keadaan cuaca serta kenyamanan dan keselamatan penumpang dengan berkoordinasi BMKG dan intansi terkait lainnya.

“Alhamdulilah berkat kerjasama dan koordinasi antar instansi lonjakan penumpang dan ketersediaan dan kelayakan kapal telah diantisipasi sehingga masyarakat yang melaksanakan mudik di pelabuhan Sei Kolak, Kijang dapat terlayani dengan baik” jelas Yuzerizal. Namun kejadian kecelakaan kapal laut di Sei Guntung, Riau menjadi perhatian bagi kita semua”, ujar Yuzerizal.

Lanjutnya, “Kita akan lakukan evaluasi bersama sehingga kecelakaan angkutan laut dapat dicegah dan harapannya tidak terjadi di wilayah Kepri kedepannya” tambah Yuzerizal.

Hendri Kusuma, mewakili Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang menyampaikan bahwa Jasa Raharja telah melakukan kegiatan Pengawasan Arus Mudik (PAM) selama masa perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444H tahun 2023. Jasa Raharja dalam kegiatan posko bersama berperan untuk memberikan jaminan kecelakaan bagi penumpang sah pengguna sarana angkutan laut di Pelabuhan Sei Kolak, Kijang. “Petugas Jasa Raharja telah melakukan monitoring korban kecelakaan selama bulan Ramadhan baik kecelakaan di jalan raya maupun kecelakaan di angkutan laut” jelas Hendri.

“Kami telah berkoordinasi dengan Unit Laka Lantas Polres Bintan dan Polres Kota Tanjungpinang untuk mendapatkan info terupdate jika ada kejadian kecelakaan di jalan raya, lalu kami juga bekerjasama dengan KSOP, Polairut dan dinas terkait lainnya untuk mendapatkan informasi kecelakaan di sarana angkutan laut secara cepat, akurat dan reliabel” tambah Hendri.
Menindaklanjuti kejadilan kecelakaan kapal laut di Sei Guntung, Riau “kami telah melakukan penjaminan biaya luka-luka dan penyerahan santunan meninggal dunia kepada ahli waris yang sah baik di wilayah Tembilahan, Riau maupun yang berdomisili di wilayah Tanjungpinang, Kepri. Terdapat 2 (dua) orang korban meninggal dunia akibat kecelakaan laut tersebut yang beralamat di Tanjungpinang, dan kami telah menyerahkan santunan meninggal dunia kepada salah satu ahli waris korban tersebut”, tutup Hendri.

Rapat evaluasi ini berjalan dengan lancar, setiap instansi menyampaikan saran dan masukan penyelenggaraan posko bersama penyelenggaraan angkutan laut hari raya Idul Fitri 1444H tahun 2023. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara PT Jasa Raharja perwakilan Tanjungpinang dengan instansi-instansi terkait. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *