PDIP Akan Berjuang Hingga Detik Akhir Usung Anies di Pilgub Jakarta

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP mengaku akan berjuang hingga detik-detik terakhir untuk bisa mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan bahwa nama Anies Baswedan menjadi nama yang paling kuat dipertimbangkan partainya untuk diusung. Anies rencananya akan dipasangkan dengan Hendrar Prihadi atau Hendi yang merupakan kader PDIP.

“Kami lagi berupaya sedemikian rupa masih dengan partai-partai lain sebisa mungkin sebelum tanggal 27 kami cari peluang,” kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

“Kalau peluangnya dapat kami akan bawa Anies sebagai orang pertama dan Hendi sebagai orang kedua,” imbuhnya.

Pernyataan itu disampaikan Said sekaligus merespons peluang partainya yang kini kian sempit untuk mengusung calon setelah Ridwan Kamil-Suswono memborong dukungan 10 dari 11 partai di DPRD DKI. RK-Siswono diprediksi mengantongi 91 dari 106 kursi DPRD.

Meski begitu, Said mengaku dirinya juga tak bisa memastikan apakah PDIP bisa mendapat rekan koalisi untuk memenuhi syarat pencalonan. Partai pimpinan Megawati itu masih memerlukan tujuh kursi untuk penuhi syarat 22 kursi.

“Ya kami lagi nyari. Namanya usaha. Kalau gitu enggak usah ditanya dong kalau udah ‘Pak ini enggak bisa Pak, ini enggak bisa’ yang ditanyakan apalagi?” ujarnya.

Said mengakui PDIP sempat berencana mendukung Anies Baswedan dengan Hendi. Dia bahkan telah berkomunikasi langsung dengan Anies. Kini, pihaknya hanya berharap masih ada peluang sebelum masa pendaftaran dibuka pada 27 Agustus mendatang.

“Kalau toh pada akhirnya kami tidak bisa, katakanlah karena sudah KIM Plus terkonsolidasi, kami tidak punya kawan lagi untuk maju ya apa boleh buat?” katanya.

“Kami akan berbicara kepada rakyat pada waktunya mungkin oleh Pak Sekjen bahwa PDI Perjuangan tidak bisa mencalonkan untuk Pilkada DKI yang akan datang,” imbuhnya. (cnni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *