Ahmad Dhani Buka Suara soal Viral Lolos Parlemen karena Efek Anies

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Ahmad Dhani memberikan klarifikasi usai viral kabar bahwa banyak pemilih Anies Baswedan mencoblos dirinya di Pileg 2024 viral, sehingga ia mendapatkan satu kursi di DPR RI.

Kabar viral tersebut berasal dari ucapan Ahmad Dhani di siniar Hendri Satrio yang tayang pada Mei 2024, kemudian diberitakan kembali pada pekan ini di salah satu media.

Dalam keterangan kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (18/9), Dhani menyebut berita yang memotong ucapannya itu tidak meminta klarifikasi kepada dirinya dan “seolah-olah saya masih oposisi dan malah mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.”

“Ketika saya berkata pendukung Anies memilih saya di Pileg 2024 dapil Surabaya-Sidoarjo, itu maksudnya para oposisi di Dapil 1 Jawa Timur mencoblos Anies untuk Pilpres, tetapi mencoblos saya untuk Pileg,” paparnya.

“Artinya mereka tetap setia kepada Ahmad Dhani meski Gerindra punya capres yang tidak mereka pilih. Bukan berarti pemilih saya adalah pemilih Anies semua,” lanjutnya.

Pentolan Dewa 19 itu lalu menjelaskan jerih payah dirinya ketika maju pencalonan anggota DPR RI di Dapil Jawa Timur 1. Dhani mengaku menyiapkan kampanye itu dari nol dan tidak memiliki banyak pengalaman.

Ia pun menggalang dukungan dari teman SMP hingga SMA di Surabaya. Mereka pun menjadi orang-orang yang membantu memasang baliho, iklan di radio, hingga izin kampanye.

Ahmad Dhani juga mengakui DPC Gerindra Kota Surabaya dan Sidoarjo tak sepenuhnya memberi bantuan bagi dirinya. Namun, bukan berarti dia tidak mendapat bantuan sama sekali selama Pileg DPR RI 2024.

“Saya berkisah tentang kerja politik saya di dapil dengan pengalaman nol besar… Benar-benar nol pengalaman,” ungkap Dhani.

“Bagaimana caranya? Saya kumpulkan teman-teman SMP dan SMA untuk bantu semua itu. Ya memang DPC tidak bisa sepenuhnya bantu, bukan berarti tidak bantu sama sekali,” lanjutnya.

“Kalau ada pertanyaan, kuat mana Prabowo dan Anies di dapil saya? Saya jawab: Prabowo jauh lebih unggul,” tutup Dhani.

CNNIndonesia.com sudah mendapatkan izin Ahmad Dhani untuk mengutip pernyataan tersebut.

Ahmad Dhani menjadi salah satu caleg artis yang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 setelah menang di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I dari Partai Gerindra dengan perolehan 134.227 suara.

Suara musisi dan penulis lagu itu menjadi yang tertinggi kedua di dapil Jatim 1, tepat di bawah petahana Bambang Haryo Soekartono yang meraup 190.741.

Suara untuk Dhani datang paling banyak dari Kota Surabaya yang menjadi kampung halamannya dengan 87.836 suara, baru kemudian di Sidoarjo sebanyak 46.391 suara. (cnni)