Saat Jokowi Napak Tilas ke SD-SMP-SMA Masa Sekolah Dulu

SOERATKABAR.COM, Solo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) napak tilas ke sekolahnya di Solo, Jawa Tengah. Jokowi juga reuni bersama teman-teman semasa sekolahnya dulu.

Dirangkum detikcom, Sabtu (12/10/2024), Jokowi pulang ke Solo akhir pekan ini. Jokowi menyempatkan diri mengunjungi SDN Tirtoyoso 111 di Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, sekolahnya dulu.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 08.10 WIB. Kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu langsung disambut oleh para guru.

Sekolah tersebut dipasangi spanduk bertulisan ‘Selamat Datang Bapak Ir Joko Widodo Alumni SDN Tirtoyoso Kota Surakarta Tahun 1973’. Spanduk itu juga menyertakan beberapa foto Jokowi lengkap dengan kutipannya.

Jokowi, yang mengenakan kemeja putih dan celana kain hitam, kemudian bercakap-cakap dengan para guru SDN tersebut. Sejumlah siswa juga mengerubungi Jokowi sambil menyanyikan lagu.

Di depan gerbang sekolah, siswa berbondong-bondong mengerumuni Jokowi untuk bersalaman. Jokowi juga sempat merekam video bersama guru dan siswa.

Di luar SDN Tirtoyoso 111, tampak sejumlah warga menunggu Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu juga terlihat memberikan amplop kepada tukang becak.

Sementara itu, warga lainnya mendapatkan bingkisan dari Jokowi. Bingkisan tersebut berisi sejumlah sembako.

Jokowi Nostalgia Duduk di Bangku Siswa Saat Kunjungi SMP

Setelah pagi tadi menyambangi SDN 111 Tirtoyoso di Kecamatan Banjarsari, Jokowi kemudian melanjutkan kunjungannya ke SMPN 1 Solo. Jokowi tiba di SMPN 1 Solo pada Sabtu (12/10) sekitar pukul 08.30 WIB.

Sama seperti di SDN 111 Tirtoyoso, kedatangan Jokowi di SMPN 1 Solo juga disambut oleh para guru yang berbaris di dalam lingkungan sekolah. Di luar sekolah, warga juga menunggu kedatangan Jokowi.

Kepala SMPN 1 Solo Sri Wuryanti mengatakan Jokowi tadi menyampaikan beberapa pesan kepada guru. Salah satu pesannya yakni guru diminta mendidik siswa soal akhlak mulia.

“Yang disampaikan beliau (Jokowi) kepada kami, guru-guru, harus mendidik anak-anak berakhlak mulia. Itu yang nomor satu,” kata Kepala SMPN 1 Solo Sri Wuryanti saat ditemui wartawan, dilansir detikJateng, Sabtu (12/10/2024) siang.

Jokowi juga menyempatkan duduk di bangku siswa kelas 9 C dan bercerita dulu satu meja belajar dipakai untuk dua siswa.

“Beliau mengatakan ‘dulu mejanya untuk dua orang’. Sekarang satu meja satu anak,” kata Wuryanti.

Kepada Wuryanti, Jokowi sempat mengatakan dirinya tiba-tiba kangen ke sekolahnya zaman dulu. “Beliau kangen, ‘tiba-tiba kok saya ingin ke SD, SMP, SMA’,” ungkap Wuryanti menirukan ucapan Jokowi.

Jokowi Reuni dengan Teman Seangkatan SMA

Jokowi juga mengunjungi SMAN 6 Solo di Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari. Di SMAN 6, Jokowi bertemu dengan puluhan teman seangkatannya.

Teman seangkatan Jokowi di SMAN 6 Solo, Sudirman, mengatakan hari ini Jokowi reuni dengan teman sekolahnya. Jokowi juga melihat-lihat ruang kelasnya dulu.

“Ini rangkaian kegiatannya Pak Presiden di Solo. Yang saya tahu beliau datang ke SD, SMP, SMA. Beliau membuka memori kembali, kan dalam waktu dekat beliau mundur. Mungkin mengingat kembali teman-teman yang dulu bergerak bersama-sama waktu SD, SMP, SMA. Kalau kuliahnya kan di Jogja, itu diajak ketemu,” kata Sudirman saat ditemui wartawan di SMAN 6 Solo, dilansir detikJateng, Sabtu (12/10/2024).

Sudirman mengatakan, ada sekitar 75 teman seangkatan Jokowi yang hadir di SMAN 6 Solo. Menurut dia, selama menjabat presiden, Jokowi sudah dua kali hadir dalam acara reuni SMA.

“Beliau sangat cerdas, bukan pintar. Kalau pintar kan belajar, kalau cerdas saya lihat IQ-nya lebih dari yang lain. Dan beliaunya out of the box, berpikirnya lain dari yang lain. Sejak SMA sudah seperti itu. Selama (jadi) presiden Anda lihat sendiri, saya tidak usah nilai hasil karyanya beliau,” ujar Sudirman.

Jokowi juga menemui para guru dan siswa di SMAN 6 Solo. Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat memberikan pesan kepada para siswa yang hadir.

“Pesannya pada kita kan sudah pensiun semua. Kalau pada adik-adik belajar yang baik, ikuti kebijakan pemerintah, yang paling penting belajar yang baik dan berjuang untuk dirinya sendiri, bangsa dan negara,” ucap Sudirman.

Kepala SMAN 6 Solo, Munarso, mengatakan kunjungan Jokowi ke sekolahnya disambut oleh sejumlah teman seangkatan. Jokowi juga memberikan bantuan kepada teman-teman lamanya dan ke siswa SMAN 6 Solo.

“Pak Jokowi memberikan suvenir untuk teman-temannya. Anak-anak juga dikasih suvenir berupa tas dan alat tulis. Semua anak-anak yang hadir langsung dikasih. (Siswa) Yang belum hadir nanti dikasih lewat sekolah,” kata Munarso.

“Untuk guru dan teman-teman ada bingkisan berupa kain dan batik. Untuk siswa, tas dengan isinya berupa alat tulis, untuk semua siswa sekolah. Kita ada 1.170 anak, siswa semua dapat,” sambungnya.

Munarso mengatakan, Jokowi merupakan angkatan pertama di SMAN 6 Solo yang pada masa itu masih bernama SMPP (Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan).

Usai bertemu dengan teman-teman seangkatan, Jokowi kemudian membagikan sembako dan kaus ke tukang becak, ojek online, dan warga sekitar SMAN 6 Solo. Jokowi juga menemui warga yang mengajak bersalaman. (dtk)