Blusukan Perdana Sebagai Wapres, Gibran Cek Proyek MRT

SOERATKABAR.COM, Jakarta – Sehari setelah dilantik, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka blusukan ke proyek MRT Jakarta Fase 2 Selatan-Utara (Bundaran HI – Kota). Tepatnya proyek Stasiun Monas dan Stasiun Thamrin.

Melalui unggahan di akun Instagram @gibran_rakabuming, peninjauan itu ditemani Menteri Perhubungan Bapak Dudy Purwagandhi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi. Dengan berjalan kaki, Gibran menelusuri tunnel dari Stasiun Monas ke Stasiun Thamrin.

“Ditemani Menteri Perhubungan Bapak Dudy Purwagandhi dan PJ Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi berjalan kaki menelusuri tunnel dari Stasiun Monas ke Stasiun Thamrin yang merupakan bagian dari proyek MRT fase 2 Lintang Selatan-Utara (Bundaran HI-Kota),” kata Gibran, Senin (21/10/2024).

Gibran menyebut proyek pembangunan itu telah mencapai 82%. Dia pun menekankan bahwa proyek MRT fase 2 ini dapat selesai tepat waktu dan kembali dihijaukan.

“Proses pekerjaan sipil sudah mencapai 82%. Proyek ini harus kita usahakan selesai tepat waktu dan setelahnya harus kita hijaukan kembali,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, mengatakan fase 2A MRT Jakarta ini terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Pembangunan fase 2A MRT Jakarta ini sendiri diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang, dan rampung seluruhnya pada 2029.

“Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029,” kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1/2024) lalu. (dtk)