Menangi MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira Samai Torehan Valentino Rossi

PEMBALAP KTM Red Bull, Miguel Oliveira, memenangkan balapan MotoGP Mandalika 2022, Minggu 20 Maret silam. Keberhasilan itu membuatnya menyamai torehan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi.

Sebagaimana diketahui, Oliveira tampil beringas di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Dia pun menjadi pembalap pertama yang memenangkan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika yang baru saja rampung dibangun.

Valentino Rossi (Foto: Instagram/@valeyellow46)

Perlu diketahui, 11 sirkuit telah debut di MotoGP sejak 2022, tetapi hanya ada dua pembalap aktif yang memimpin dalam kemenangan perdana di sirkuit baru. Mereka adalah Miguel Oliveira dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Oliveira berada di urutan kedua dalam daftar kemenangan di sirkuit baru era MotoGP. Dia telah membukukan dua kemenangan, yaitu di Sirkuit Mandalika, Indonesia (2022) dan Sirkuit Algarve, Portugal (2020).

Sementara itu, Marquez memuncaki daftar dengan tiga kemenangan. Pembalap Honda itu menang di Circuit of the Americas (COTA) di Amerika Serikat (2013), Sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina (2014), dan Sirkuit Buriram di Thailand (2018).

Miguel Oliveira (Foto: MotoGP)

Meski kalah dari Marquez, Oliveira seimbang dengan Rossi. The Doctor dua kali menjadi pemenang di sirkuit baru, yaitu di Sirkuit Internasional Shanghai, Cina (2005) dan di Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat (2008).

Pencapaian unik Oliveira itu mungkin bertambah pada musim ini. Sebab, selain Sirkuit Mandalika, ada Sirkuit KymiRing, Finlandia yang juga debut pada musim ini. Sekadar informasi, balapan MotoGP Finlandia 2022 akan berlangsung pada Minggu 10 Juli mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *