Profil Coolio, Rapper Amerika Meninggal di Kamar Mandi, Pacar Pertamanya Ternyata Orang Indonesia

Selebtek.suara.com – Coolio meninggal secara mendadak pada Rabu (29/9/2022) di usia 59 tahun. Rapper asal Amerika itu diduga terkena serangan jantung saat mengunjungi rumah seorang temannya.

Manajer Coolio, Jarrez Posey mengatakan pelantun Gangta’s Paradise itu pergi ke kamar mandi di rumah temannya, tetapi dia tidak keluar setelah beberapa saat hingga akhirnya ditemukan terbaring di lantai. 

Melansir TMZ, polisi tidak menemukan obat atau perlengkapan obat  di lokasi kematian Coolio. Tes otopsi dan toksikologi akan digunakan untuk menentukan penyebab resmi kematian.

Perjalanan Karier Coolio

Baca Juga:Apa Itu Etilen Oksida? Zat yang Bikin Mie Sedaap Ditarik di Hongkong

Coolio dilahirkan di Monessen, Pennsylvania pada 1 Agustus 1963 Ia memiliki nama asli Leon Ivey Jr.

Sebelum jadi rapper, Coolio pindah ke Compton, California dari Pennsylvania Selatan. Ia sempat bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran sukarela dan keamanan bandara.

Coolio muncul di kancah rap Los Angeles di akhir tahun 80-an.memulai kariernya pada tahun 80-an, tetapi meledak secara nasional pada tahun 1995 ketika ia merilis Gangsta’s Paradise dalam album dengan judul sama.

Coolio [Instagram/@coolio]
Coolio (sumber: Instagram/@coolio)

Lagu Gangsta’s Paradise mendapat sambutan luar biasa tidak hanya di kalangan hiphop namun pecinta musik lain. 

Single ini juga masuk ke dalam daftar Billboard’s Greatest Songs of All Time, bertengger di urutan ke-85.

Baca Juga:Survei Sebut Puan Maharani Tak Bisa Dongkrak Elektabilitas PDIP, Gegara Cemberut saat Bagi-bagi Kaos?

Kesuksesan tembang Gangsta’s Paradise pun makin menjadi-jadi setelah menjadi soundtrack film Dangerous Minds yang dibintangi Michelle Pfeiffer. 

Berkat karyanya itu, Coolio berhasil menyabet Grammy 1996 untuk kategori Penampilan Rap Solo Terbaik.

Hingga penghujung usianya, Coolio masih aktif di jagat musik. Salah satunya dengan tampil di event Riot Fest yang baru saja digelar pada 18 September 2022 lalu. 

Selain Gangsta’s Paradise yang menjadi hit khasnya, Coolio memiliki beberapa hit lainnya, termasuk “Fantastic Voyage” (1994) yang mencapai posisi 3 di Billboard’s Hot 100 serta “1,2,3,4 (Sumpin’ New) ” dan “It’s All the Way Live (Now).”

Pada tahun penghujung Oktober 2010 Coolio pernah datang ke Indonesia untuk mengisi sebuah acara musik bertajuk Java Soulnation.

Sebelum hari pementasan Coolio sempat membuat geger publik ketika membuat pernyataan bahwa pacar pertamanya adalah seorang perempuan asal Indonesia.

“Saya lahir di California, tapi saya punya kedekatan dengan Indonesia. Apalagi pacar pertama saya dari Indonesia,” kata Coolio  yang menolak  menyebut siapa nama wanita asal Indonesia yang menjadi pacar pertamanya itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *