9 Manfaat Membuka Toko Bangunan via Marketplace, Aman, dan Makin Laris!

Jakarta: Efek pandemi covid-19 memang luar biasa, sejumlah bisnis banyak tercatat harus gulung tikar dan menghentikan banyak pekerjanya. Tak cuma itu saja, seiring terbatasnya kegiatan perdagangan di Indonesia saat pandemi berlangsung, maka pendapatan usaha juga semakin turun. Salah satu usaha yang terdampak cukup dahsyat adalah usaha toko bangunan yang turut merugi.

Kini pandemi akan segera usai, para pengusaha juga terlihat menyusun ulang strategi pemasaran mereka supaya penjualan dan omzet semakin meningkat seperti sedia kala. Kegiatan yang dilakukan tak hanya kembali membuka toko bangunan dan menyusun kerja sama lagi dengan para distributor hingga supplier, namun saat ini membuka toko bangunan secara online juga dianggap penting.
 
Mau tahu manfaat bergabung dengan marketplace khusus toko bahan bangunan? Simak ulasan berikut ini!


Manfaat Bergabung di Marketplace Khusus Toko Bahan Bangunan


1.  Menemukan Wadah yang Tepat

Jika selama ini Anda merasa penjualan toko bangunan tampak tidak ada perkembangan atau justru cenderung turun, maka salah satu kemungkinan yang sedang dialami adalah bisnis Anda belum menemukan wadah yang tepat.
 
Apalagi bila ternyata lokasi bisnis toko bangunan yang Anda miliki letaknya tidak terlalu strategis sehingga membuatnya semakin sepi pembeli setiap harinya. Dengan bergabung di marketplace khusus toko bahan bangunan, maka Anda sudah selangkah lebih maju untuk membuat perubahan signifikan pada bisnis Anda.


2.  Menjangkau Lebih Banyak Pembeli Setiap Saat

Selain lokasi yang berpengaruh, kemungkinan sales menurun pada bisnis toko bangunan Anda adalah banyaknya bisnis serupa di lingkungan tersebut sehingga pembeli terbagi-bagi. Jika ingin menjangkau lebih banyak pembeli, Anda harus mulai memikirkan pemasaran online, salah satunya bergabung pada marketplace.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pangsa pasar disini cukup luas dengan jangkauan pembeli tak hanya di daerah sekitar lingkungan bisnis Anda saja, melainkan bisa mencakup seluruh Indonesia. Yang lebih menguntungkan lagi, jumlah pembeli yang ada sudah pasti akan meningkat setiap waktu sehingga kesempatan toko Anda lebih banyak dikenal orang juga cukup besar.


3.  Cara Gabung yang Cukup Mudah

Jangan khawatir akan dipersulit saat ingin bergabung di situs marketplace karena cara daftarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi beberapa data yang diperlukan lalu kemudian tunggu hasil verifikasi dari tim marketplace tersebut dan dalam sekejap Anda langsung bisa memasarkan produk yang ada di toko bangunan Anda.
 
Pendaftaran biasanya tidak membutuhkan biaya alias gratis, namun mungkin ada syarat dan ketentuan lain yang harus Anda pahami supaya dapat menjalankan bisnis lebih mudah ya!


4.  Dapat Menjalin Komunikasi yang Baik kepada Pelanggan

Adanya fitur chat pada marketplace akan memudahkan bagi pembeli dan penjual untuk membangun hubungan dagang yang baik. Disini, Anda juga bisa lebih leluasa membalas chat pelanggan sesuai kebutuhannya.
Tentu saja komunikasi seperti ini dirasa lebih nyaman karena pelanggan tak perlu antri berdiri di depan meja kasir atau informasi untuk menanyakan berbagai macam produk yang mereka butuhkan. Di samping itu, cara ini dianggap lebih aman dan dapat memutus penyebaran virus yang sedang merajalela saat ini.


5.  Tidak Membutuhkan Gudang yang Besar

Ya, tentu saja penjualan online melalui marketplace tidak perlu membawa gudang yang besar untuk memajang produk yang Anda jual. Anda hanya membutuhkan foto dari produk yang ingin dijual beserta caption menarik dan informatif supaya membuat pelanggan lebih mudah saat ingin berbelanja.
 
Misalnya Anda ingin menjual bambu, maka Anda hanya perlu menyiapkan foto bambu yang Anda jual untuk di upload di lapak marketplace tersebut. Semua produk bisa terpampang rapi di lapak Anda tanpa perlu gudang yang besar!


6.  Proses Transaksi yang Mudah Bagi Penjual dan Pembeli

Proses transaksi melalui marketplace juga terbilang lebih mudah baik untuk penjual maupun pembeli dengan kesepakatan yang sudah tetap alias tanpa tawar-menawar. Bagi pembeli, pilihan bayarnya juga pasti cukup banyak dari mulai transfer ATM, virtual account, e-wallet, hingga kartu kredit.
 
Bagi penjual, apapun cara bayar yang dilakukan oleh pembeli tidak akan mempengaruhi jumlah penjualan yang akan diterima. Yang pasti, transaksi melalui marketplace juga terbilang aman karena sekarang ini penyedia layanan marketplace sudah memfasilitasi berbagai macam pengaduan dari pelanggan, salah satunya penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.


7.  Memudahkan Inventaris Barang

Bagi usaha toko bangunan, mungkin proses inventaris barang masih menggunakan cara manual. Melalui marketplace, Anda dituntut untuk selalu mengupdate stok-stok barang dagangan sehingga akan lebih rapi. Ini memudahkan bagi penjual untuk memantau ketersediaan produk yang dijual dan otomatis akan membantu penjual memiliki inventaris yang lebih tertib juga.


8.  Bebas Memberikan Program Khusus Pelanggan

Melalui marketplace, toko bangunan Anda bebas menentukan program khusus pelanggan apa yang sedang berlangsung. Hal ini termasuk dalam promosi online yang akan membuat toko Anda berkembang dengan baik.
 
Sejumlah marketplace juga ada yang memberi fasilitas gratis biaya kirim jika pembelian sudah mencapai angka tertentu. Namun penjual juga bebas melakukan promosi yang diinginkan, misalnya beli satu gratis satu, diskon perayaan momen khusus, hingga potongan harga bagi pelanggan setia.


9.  Terhindar dari Bahaya Kehilangan Barang

Pernahkan Anda mengalami stok barang hilang di gudang toko bangunan? Jika Anda membuka toko online di marketplace, hal ini bisa dihindari. Tak ada pencurian yang bisa dilakukan karena semua transaksi di marketplace sudah pasti akan diawasi. Namun perlu waspada pencurian foto produk yang Anda pasang, sebaiknya berikan watermark khusus supaya lebih mudah melakukan klaim penipuan dan sebagainya.
 
Kini, Anda tentunya sudah lebih tahu, bukan, keuntungan dari membuka toko bangunan via marketplace? Jadi, tunggu apalagi? Segera buka toko bangunan online melalui UKUR!
 

(ROS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *