Presiden Jokowi: Alhamdulillah FIFA Tidak Berikan Sanksi kepada Indonesia

Depok.suara.comPresiden Jokowi membacakan surat keputusan dari FIFA terkait Tragedi Kanjuruhan. Pada pembukaan surat tersebut Presiden Jokowi bersyukur Indonesia tidak diberikan sanksi oleh FIFA.

Diketahui setelah Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang, Presiden Jokowi melakukan pembicaraan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino agar FIFA tidak memberikan sanksi kepada Indonesia.

“Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah, sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” kata Jokowi dalam video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022).

Bahkan, kata Jokowi, FIFA akan berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia akan melakukan transformasi sepak bola di Tanah Air. 
Nantinya FIFA akan berkantor di Indonesia untuk menjalankan proses itu.

Baca Juga:Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Libas Jerman 2-0 di Piala Dunia 2022

Kepala Negara memaparkan bahwa akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia, dan pemerintah Indonesia untuk:

(1) Membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia;
(2) Memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional;
(3) Melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama;
(4) Mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada; serta
(5) Menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Presiden Jokowi menyebutkan juga bahwa Presiden FIFA akan berkunjung ke Indonesia pada Oktober atau November 2022 untuk berdiskusi dengan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *