Jelang Kongres Partai Komunis, Tiongkok Pamerkan Pencapaian 1 Dekade Xi Jinping

Beijing: Partai Komunis Tiongkok memamerkan hasil satu dekade pemerintahan Presiden Xi Jinping, mulai dari rudal antarbenua, robot disinfeksi hingga sepotong Bulan dipamerkan jelang kongres partai tersebut.
 
Ribuan orang memadati sebuah pameran di Beijing untuk merayakan “Era Baru” Xi. Kegiatan ini dilakukan hanya beberapa hari sebelum kongres Partai Komunitas Tiongkok.
 
Dalam kongres nanti, para elite politik Tiongkok diperkirakan akan “mengantar” Xi ke masa jabatan ketiga — sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya di Negeri Tirai Bambu.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengunjung mengambil swafoto di samping rudal balistik antarbenua berkemampuan nuklir Dongfeng-41 yang sangat besar di luar pintu masuk atraksi, di aula megah tahun 1950-an yang dirancang arsitek era Uni Soviet.
 
Potret Xi tersebar di mana-mana, menunjukkan sang pemimpin ketika sedang membagikan penghargaan, menyapa bayi dan dikelilingi simpatisan yang berseri-seri mengenakan pakaian tradisional.
 
“Pemikiran Xi Jinping memandu pembangunan ekonomi negara kita menuju pencapaian heroik,” tulis keterangan di salah satu foto, dilansir dari laman AFP, Rabu, 12 Oktober 2022.
 
Pameran ini menekankan pesan kemenangan Partai Komunitas Tiongkok dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, mulai dari jamur kering dalam tampilan pertanian, hingga sampel bulan dan berlian yang ditanam di laboratorium.
 
“Sangat luar biasa,” ucap Wen, seorang pegawai pemerintah yang mengunjungi pameran bersama rekan-rekannya.
 
“Saya merasa bangga dengan diri saya sebagai orang Tiongkok,” sambungnya. Pameran ini merupakan bagian dari dorongan propaganda yang menyelimuti ibu kota menjelang pembukaan Kongres pada Minggu.
 
Namun, dalam pameran tersebut tidak disebutkan kritik yang ditujukan kepada Partai Komunitas Tiongkok di bawah kepemimpinan Xi.
 
Banyak yang menilai Partai Komunis Tiongkok telah melakukan penahanan massal terhadap etnis minoritas di Xinjiang, protes pro-demokrasi di Hong Kong, tindakan keras terhadap masyarakat sipil dan pengetatan pembatasan budaya minoritas di Mongolia Dalam.
 
Baca:  Jangan Cemberut! Pejabat Tiongkok Diminta untuk Lebih Bersahabat
 

(WIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *